Jenis – Jenis Indeks Saham



IDX 30
IDX30 merupakan indeks yang terdiri dari 30 saham yang konstituennya dipilih dari konstituen indeks LQ45. BEI berharap, indeks ini dapat digunakan sebagai produk investasi yang berbasis saham dan dapat menjadi acuan bagi investor untuk berinvestasi saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi besar.
konstituen indeks IDX30 akan dikaji ulang setiap 6 bulan, yaitu setiap akhir bulan Januari dan Juli, dan hasilnya akan diumumkan pada awal bulan berikutnya


LQ 45
LQ 45 merupakan salah satu indeks di Bursa Efek Indonesia, di mana indeks tersebut diperoleh dari perhitungan 45 emiten dengan seleksi kriteria seperti penilaian atas likuiditas.
Yang dimaksud dengan penilaian atas likuiditas adalah seleksi atas emiten-emiten tersebut juga dengan mempertimbangkan kapitalisasi dari pasar.
Tujuan indeks LQ 45 adalah sebagai pelengkap IHSG dan khususnya untuk menyediakan sarana yang obyektif dan terpercaya bagi analisis keuangan, manajer investasi, investor dan pemerhati pasar modal lainnya dalam memonitor pergerakan harga dari saham-saham yang aktif diperdagangkan.
Pilihan saham pada LQ45 dievaluasi setiap awal bulan Februari dan Agustus

Sri Kehati
Indeks ini dibentuk atas kerja sama antara Bursa Efek Indonesia dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI). SRI adalah kependekan dari Sustainable Responsible Investment. Indeks ini diharapkan memberi tambahan informasi kepada investor yang ingin berinvestasi pada emiten-emiten yang memiliki kinerja sangat baik dalam mendorong usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.
Indeks ini terdiri dari 25 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih dengan mempertimbangkan kriteri-kriteria seperti: Total Aset, Price Earning Ratio(PER) dan Free Float.

Keberadaan perusahaan terpilih akan dievaluasi setiap 2 (dua) periode dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober

Bisnis 27
Kerja sama antara Bursa Efek Indonesia dengan harian Bisnis Indonesia meluncurkan indeks harga saham yang diberi nama Indeks BISNIS-27. Indeks yang terdiri dari 27 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan kriteria fundamental, teknikal atau likuiditas transaksi dan Akuntabilitas dan tata kelola perusahaan.

1. Kriteria Fundamental
Kriteria fundamental yang dipertimbangkan dalam pemilihan saham-saham yang masuk dalam perhitungan Indeks Bisnis-27 adalah Laba Usaha, Laba Bersih, Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan DER. Khusus untuk emiten di sektor Perbankan, akan dipertimbangkan juga faktor LDR dan CAR.
2. Kriteria Teknikal atau Likuiditas Transaksi
Kriteria teknikal yang dipertimbangkan dalam pemilihan saham-saham yang masuk dalam perhitungan indeks Bisnis-27 adalah nilai, volume dan frekuensi transaksi serta jumlah hari transaksi dan kapitalisasi pasar.
3. Akuntabilitas dan Tata Kelola Perusahaan
Untuk meningkatkan kualitas pemilihan saham-saham yang masuk dalam indeks BISNIS- 27, dibentuk suatu komite indeks yang anggotanya terdiri dari para pakar di bidang pasar modal maupun dari akademisi. Anggota komite indeks tersebut memberikan opini dari sisi akuntabilitas, tata kelola perusahaan yang baik maupun kinerja saham.

Review dan pergantian saham yang masuk perhitungan indeks BISNIS-27 dilakukan setiap 6 bulan yaitu setiap awal bulan Mei dan November.

Kompas 100
Proses pemilihan 100 saham yang masuk dalam penghitungan indeks Kompas100 ini mempertimbangkan faktor likuiditas, kapitalisasi pasar dan kinerja fundamental dari saham-saham tersebut.
Kriteria Pemilihan Saham Indeks Kompas100
Kriteria pemilihan saham adalah dengan mempertimbangkan faktor-faktor sebagai berikut:
1. Telah tercatat di BEI minimal 3 bulan
2. Aktivitas transaksi di pasar reguler yaitu nilai, volume dan frekuensi transaksi.
3. Jumlah hari perdagangan di pasar reguler
4. Kapitalisasi pasar pada periode waktu tertentu.
5. Sebagai saringan terakhir, BEI juga mengevaluasi dan mempertimbangkan faktor-faktor fundamental dan pola perdagangan.
6. BEI memiliki tanggung jawab penuh dalam pelaksanaan pemilihan saham-saham yang masuk dalam daftar indeks ini, dimana semua keputusan akan diambil dengan mempertimbangkan kepentingan investor maupun stakeholders lainnya.
Indeks yang terdiri dari 100 saham Perusahaan Tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar, dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Review dan penggantian saham dilakukan setiap 6 bulan yaitu bulan Februari dan Agustus.

Komentar

  1. Stuck in between writing assignments on operating system? Students can now avail Thesis help from SourceEssay. We have a team of highly qualified experts who have ample experience in writing assignments on operating system keeping the university guidelines in mind. Enroll with us to get 24×7 availability and support to avail operating system assignment help from SourceEssay today.

    BalasHapus
  2. https://web.sites.google.com/view/paypal-loginsignin/
    https://sites.google.com/view/hbomax-comsignin/home

    BalasHapus
  3. How to add Chinese keyboard to windows 10? Windows 10 Offers us to add one or multiple keyboards. If you want to type in Chinese, you should have to follow the procedure. Also, you will also understand why you’ve configured with the wrong keyboard and the wrong language and how to get rid of this problem. Normally you don’t need to change your windows language settings. But if you want to type in Chinese languages and want to type any Chinese letter or word, you must have to change the language settings. That’s why I am going to let you know how to install chinese keyboard windows 10.

    Here you’ll find two methods for windows 10 Chinese handwriting input. Following the way step by step, you’ll find it much easier to add any language keyboard. Also, I’ll give you some tips to avoid and solve the common problem related to language and keyboard. Before wrapping up the article, I’ll answer some common questions on adding the Chinese keyboard.

    BalasHapus
  4. Have you been searching for online assignment help in Sydney? Students can now avail Age care assignment help Sydney from certified essay writers We have a team of highly qualified professional experts who write unique assignments for students keeping the university guidelines in mind.

    BalasHapus
  5. Hey if you want to buy a new wakefit mattress then, you should read this buying guide before making any purchase decision. Also read more reviews on Home Products Guru site.

    BalasHapus
  6. very good https://umsu.ac.id/lolos-program-iisma-rektor-lepas-mahasiswa-fkip-umsu-ke-kroasia/

    BalasHapus
  7. very informative and impressive article. Thanks for sharing with us
    remote backup service

    BalasHapus
  8. Good Post. You can find more at No1AssignmentHelp.Com about Assignment Help, essays, dissertations, and homework writing.

    BalasHapus
  9. Medjool dates are a lusciously sweet and tender variety of dates that have been revered for centuries for their rich flavor and numerous health benefits. These succulent fruits, often referred to as the king of dates, are packed with essential nutrients, including a wide range of vitamins and minerals such as potassium, magnesium, iron, and vitamin B6. Beyond their nutritional value, Medjool dates also offer a natural sweetness that makes them an excellent alternative to refined sugars in cooking and baking.

    BalasHapus
  10. Stock market indices are essentially measures of the performance of a group of stocks representing a particular sector, industry, market, or the overall market. These indices track the performance of a selection of stocks to provide a snapshot of how the market or a specific segment of the market is performing.

    Accounting training
    Accounting internship

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seting Google AMP di Situs Blogger / Blogspot